Friday, March 1, 2013

Recommended Movie : ACCEPTED (2006)

Title : ACCEPTED (USA)
Release Date : 18 August 2006
Genre : Comedy
Director : Steve Pink
Cast : Justin Long, Jonah Hill and Blake Lively





Accepted ? Sering lihat dimana kata itu? Ya, gak salah kok.. Kita sering lihat kalo kita melamar atau mengajukan proposal ke suatu instalasi. Nah, Accepted di sini berarti DITERIMA DI PERGURUAN TINGGI. Kalo bahasa kita nya sih, SELAMAT, ANDA LULUS. 

Accepted adalah film yang bercerita mengenai keputusasaan Bartleby Gaines, seorang anak muda yang baru saja tamat SMA. Kebiasaan orangtua, bangga kalo anaknya diterima di perguruan tinggi. B (nickname nya Bartleby), iseng-iseng membuat design surat khusus untuk universitas khayalannya, terinspirasi dari logo Harmon University, dimana ia ditolak. Ia mengubah warna logo merah menjadi warna biru dan mengubah namanya menjadi South Harmon Institute of Technology yang kalo disingkat akan membentuk kata S.H.I.T, dan menyertakan surat bahwa ia lulus alias ACCEPTED di universitas tersebut. 

B juga meminta bantuan Sherman Schrader, sahabatnya selama 5 tahun terakhir, untuk menyediakan website sebagai referensi ayahnya. Bertolak belakang dengan B, Sherman adalah anak pintar yang diterima di Harmon University. Karena kasihan, Sherman akhirnya bersedia membantu. Got Accepted? Problems unsolved. Orangtua B ingin mengantar B ke kampusnya, maka gedung harus disiapkan. Ayah B juga ingin bertemu dengan dekan kampusnya! Dibantu oleh beberapa orang senasib yang juga tidak diterima di perguruan tinggi manapun, mereka menyewa Lean Dewis, seorang professor aneh yang merupakan paman Sherman. dan Gedung untuk mendukung usaha mereka. PANIC? Of course, they are totally PANIC!

  



 Saat semuanya sudah berjalan dengan baik, ternyata masalah yang lebih besar muncul! Sherman tidak menyangka bahwa akan banyak yang menemukan website tersebut dalam mesin pencarian. Ratusan orang yang juga menerima kata ACCEPTED dari S.H.I.T website, berbondong-bondong memasuki gedung dadakan. Bingung, B harus menghentikan ini secepatnya! Tapi begitu ia berusaha menyampaikan yang sebenarnya di hadapan ratusan "mahasiswa baru", B tidak sanggup mengatakannya. Ia tidak ingin merusak kebahagiaan mereka yang akhirnya diterima di perguruan tinggi. Mereka semua terlihat sangat bahagia.

Biaya SPP yang sudah dikirimkan sesuai ketentuan di website digunakan untuk memenuhi keinginan mahasiswa. B menyulap kamarnya menjadi kamar hotel suite. Kolam renang besar, ruang konser, tempat berseluncur skateboard, makanan, dan segala permintaan dipenuhi. Semuanya merasa nyaman karena kurikulum dibuat berdasarkan keinginan pribadi, dan semua orang adalah dosen bagi yang lainnya. B sebagai co-founder, sangat dihormati oleh yang lainnya. Namun rupanya ada yang tidak senang dengan apa yang mereka lakukan. Harmon University mati-matian berusaha menjatuhkan mereka karena S.H.I.T memang bukan universitas sungguhan, hanya buatan seorang anak muda putus asa.

Bagaimana B menghadapi permasalahan tersebut? Apakah S.H.I.T akan dibubarkan? Ayo nonton film nya! Dijamin deh bakal seru-seruan, karena ada unsur romance nya juga kok. Dan yang paling menonjol itu, unsur  friendship nya!!


Film ini memberikan suatu makna tersirat, dibalik berbagai kecaman dari berbagai pihak yang menyatakan film ini kurang pantas ditonton dan membawa pengaruh buruk, sebenarnya mereka ingin menyampaikan bahwa pendidikan tidak seharusnya menuntut kemampuan akademis seperti layaknya sebagian besar penerimaan mahasiswa baru. Pendidikan juga tidak seharusnya membunuh kreativitas anak, justru harus mengasah kemampuan yang dimilikinya. Untuk orangtua, jika anak tidak mampu mencapai tingkat yang mereka harapkan, bantulah anak anda untuk menemukan tempat yang cocok, yang membuat kelebihannya bermanfaat, bukan memaksa kekurangan anak menjadi sesuai harapannya. Tuhan sudah memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing pada tiap anak.

Selamat menonton! 

No comments:

Post a Comment